Rabu, 22 Juni 2016

AYO JADI ENTERPRENEUR! By IKA FIKOM & BANK INDONESIA Empowering Campus.

AYO JADI ENTERPRENEUR! By IKA FIKOM & BANK INDONESIA Empowering Campus.
Pembicara :
Ø  Andiwiana Septonarwanto, Deputi Direktur Departemen Komunikasi Bank Indonesia.
Ø  Ahmad Reza, Vice Presiden Coorporate Communications Bank Mandiri.
Ø  Yogi Tyandaru, Owner & CEO Group Fajar.
Ø  Jaya Setiabudhi, Founder YEA (Young Enterpreneurs Academy). Penulis Best Seller “The Power of Kepepet” “Kitab Anti Bangkrut”
Pada hari Kamis, 28 April 2016 telah diadakan seminar yang bertajuk AYO JADI ENTERPRENEUR! By IKA FIKOM & BANK INDONESIA Empowering Campus. Dalam seminar ini dijelaskan mengenai banyak hal oleh para pembicara. Seperti yang kita ketahui, untuk membangun sebuah usaha, hampir setiap orangnya akan membaca kisah-kisah jatuh bangun para pengusaha yang sukses untuk dijadikan sebuah pembelajaran sebelum melakukan usaha tersebut. Untuk mencapai sebuah kesuksesan tersebut, kita harus berdoa dan berusaha sekeras mungkin dengan semangat pantang menyerah untuk mengantarkan kita ke gerbang pintu kesuksesan. Jika kita gagal dalam melakukan usaha, maka kita jangan menyerah karena kegagalan dan kesuksesan adalah sebuah paket yang takterpisahkan. Jika kita gagal maka kita akan mencoba lagi dan mempelajari dimana letak kesalahan untuk dijadikan sebuah pelajaran kedepannya. “Kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda” kata-kata ini sering kita dengar dan sebenarnya dapat kita jadikan sebagai acuan bahwa sesering apapun kita gagal kita harus ingat bahwa ada keberhasilan yang harus kita kejar. Ketika sebuah keberhasilan itu kita dapatkan maka dengan otomatis akan menutup rasa kecewa karena kegagalan yang pernah dihadapi.


Dalam seminar ini ada penjelasan dari Jaya Setiabudi sebagai seorang pengusaha sukses di Indonesia yang mengatakan untuk hal jatuh bangun adalah ‘makanan’ Jaya Setiabudhi dalam menjalankan usaha-usahanya tersebut. Disamping itu Jaya Setiabudhi mengatakan bahwa dalam hidupnya tidak ada kamus ‘menyerah’ untuk melakukan apa yang ingin beliau lakukan sampai mencapai kesuksesan. Usaha yang dimulai dari modal seadanya dan berkendaraan ojek, akhirnya menjadikan sebuah grup perusahaan yang bernama Momentum Group, dengan bidang usaha: otomatisasi industry, mechanical & electrical, pemasok bahan makanan, konstruksi, pelatihan bisnis, dan web Yukbisnis.com.
Sedikitnya lahan pekerjaan membuat peluang perusahaan untuk membuka lapangan pekerjaan semakin sulit, maka tingkat pengangguran yang ada pun semakin meningkat. Hal ini membuat para pengusaha-pengusaha muda untuk membuat ide-ide kreatif demi membantu menurunkan tingkat pengangguran yang ada. Salah satu pengusaha muda tersebut adalah Jaya Setiabudhi sebagai founder dari Yukbisnis.com yang sekaligus menjadi penulis buku best seller “The Power of Kepepet” dan “Kitab Anti Bangkrut”.

Pelajaran yang kita dapat dari seminar ini, jika memang kita berminat dan serius untuk menjadi seorang pengusaha, maka inilah saatnya. Pertama, karena selama 16 tahun ke depan akan banyak peluang yang bakal terbuka lebar dan menanti penggarapan ide-ide kreatif para calon pengusaha baru. Faktor utama karena periode sekarang hingga beberapa tahun ke depan adalah tahun milik anak muda, mengingat sekarang kita berada pada dekade “Bonus Demografi”. Kedua, masuknya era kawasan perdagangan bebas Asean pada tahun 2015, hakekatnya ini bukan ancaman melainkan sebagai peluang, karena adanya AFTA ini maka penetrasi pasar akan semakin luas yang pada awalnya segmentasi pasar hanya di negara kita sendiri di Indonesia, nantinya produk kita bebas dipasarkan hingga ke luar negeri. Pada intinya, dari seminar ini mengajak mahasiswa maupun mahasiswi untuk menjadi pengusaha dimulai sejak dini karena saat ini untuk menjadi pengusaha muda memiliki peluang yang bagus jika digeluti secara serius dan sungguh-sungguh , karena jika tidak sekarang, mau kapan lagi?  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar