Jumat, 15 Juli 2016

Social Technographics Profile : Which One Are You?

STP (Sosial Technographics Profile) adalah pengelompokkan konsumen berdasarkan aktivitas di media sosial. Tingkat aktifitas tiap kelompok diurutkan seperti anak tangga mulai kelompok paling tinggi sampai rendah. Tujuh konsumen tersebut antara lain :

1. CREATORS adalah mereka yang yang aktif menciptakan konten untuk dipublikasi dan didistribusi online secara bebas. Mereka menulis artikel di blog, mengelola website, meng-upload video/audio/musik. Konten itu dibuat dan  di posting di social media.
2. CONVERSATIONALISTS adalah mereka yang banyak terlibat dan memulai perbincangan di social network. Tipe konsumen ini rajin mengupdate status facebook, twitter dan social media lainnya. Mereka juga senang berbalas komentar dengan pengguna social network lain.
3. CRITICS adalah mereka yang senang mengkritisi berbagai hal yang mereka lihat di media sosial. Misalnya dengan memberikan penilaian/me-rate produk atau jasa perusahaan tertentu, membuat komentar di blog orang lain, aktif di forum online, dan turut mengedit artikel di Wiki.
4. COLLECTOR adalah mereka yang senang menjadi orang yang lebih dahulu tahu mengenai berita terbaru. Mereka senang mengumpulkan informasi/berita dan mengelompokkannya. Mereka sering menggunakan RSS Feed untuk mempercepat waktu akses. Mereka suka mengikuti voting di website dan senang mencantumkan tag foto atau informasi.
5. JOINERS mirip dengan Conversationalists tapi berbeda. Joiners tidak seaktif  Conversationalists. Joiners membuat akun di media sosial sebatas menjaga hubungan dengan teman, kenalan, dan keluarga. Mereka memiliki akun fb/twitter, namun jarang sekali meng-update status maupun berbalas komentar namun mereka suka “berjalan-jalan” berbagai situs jejaring sosial.
6. SPECTATORS adalah konsumen yang aktif mengakses informasi di dunia maya. Mereka (hanya) suka membaca blog, mendengarkan podcast, menonton video online yang di-upload konsumen lain, membaca di forum online, memantau tweet/membaca komentar orang lain, membaca review (film/lainnya) yang dibuat konsumen lain. Mereka adalah penikmat informasi.
7. INACTIVE adalah konsumen yang tidak berpartisipasi samasekali dalam groundswell. Mereka menggunakan internet hanya untuk kegiatan sederhana seperti membuka email dan mencari informasi ringan. Mereka tak terlibat dalam kegiatan interaktif/sosial.
Berdasarkan penjelasan mengenai STP (Sosial Technographics Profile) diatas, saya merasa bahwa diri saya termasauk pada tingkat yang kedua yaitu conversationalists. Dalam penjelasan mengenai conversationalists adalah mereka yang banyak terlibat dan memulai perbincangan di social network. Tipe komsumen ini rajin mengupdate di sosial media yang mereka miliki. Mereka juga senang berbalas komentar dengan pengguna sosial network lainnya.
Alasan saya memilih tingkat tersebut karena saya memiliki sosial media lebih dari 7. Selain itu saya pun cukup aktif falam penggunan sosial media yang saya miliki.
Memiliki sosial media tidak selalu berdampak negative selagi kita bisa menggunakannya dengan baik. Menurut saya, dengan adanya media sosial kita dapat mengurangi kebosanan , dapat memberikan wawasan lebih luas lagi dan dapat menjaga silaturahmi dengan teman-teman lama yang sudah jarang berkomunikasi dan masih banyak manfaat lainnya selagi kita bisa menggunakan hal tersebut secara positif. Untuk mendapatkan kontak di media sosial lebih mudah dibandingkan dengan mencari no telepon teman-teman lama yang sudah hilang hubungan sejak lama. Maka dari itu, di zaman sekarang sosial media banyak di gemari dari kalangan anak muda hingga kalangan dewasa.

Meskipun kita juga mengetahui, bahwa jika kita “terlalu” sering menggunakan sosial media dalam kehidupan sehari-hari maka kita akan merasa kecanduan. Kecanduan ini akan menimbulkan hal yang membuat seseorang yang berada di dekat kita terasa jauh, sedangkan yang jauh terasa dekat karena terhubung melalui social media.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar